Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

Friday 29 April 2016

7 Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya

Nama Neraka – Dunia merupakan tempat persinggahan sementara yang harus dilalui oleh manusia sebelum bisa sampai ke kehidupan yang kekal yaitu alam akhirat. Di dunia manusia akan diuji dengan banyak permasalahan, dan dari ujian – ujian ini, manusia akan dihitung amal perbuatannya untuk kemudian ditentukan tempat kehidupan akhirnya di alam Akhirat nanti.

Manusia yang memiliki timbangan amal perbuatan baik lebih besar akan memiliki kehidupan akhirat yang baik yaitu di surga, sedangkan manusia yang memiliki timbangan amal perbuatan buruk yang lebih besar akan memiliki kehidupan akhirat yang amat sangat buruk yaitu di neraka.

Berbicara mengenai kehidupan di akhirat, kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai 7 nama neraka yang ada di alam akhirat kelak. Apa sajakah nama neraka – neraka tersebut dan seperti apakah isinya? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan untuk Anda :

7 Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya

Neraka Hawiyah
Nama neraka yang pertama sekaligus yang paling ringan siksaannya adalah Neraka Hawiyah. Dalam Surah Al-Qariah dijelaskan bahwa : “Dan adapun orang – orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (Al-Qoriah : 8 – 11)”.

Neraka Jahim
Nama neraka yang ke dua adalah neraka Jahim. Menurut tafsiran para ahli tafsir, bahan baku yang digunakan Allah untuk menyiksa manusia yang ada di neraka Jahim adalah bebatuan. Penghuni neraka Jahim sendiri kabarnya adalah orang – orang yang sesat dalam aktivitas peribadahan kepada Allah SWT.

Neraka Saqar
Nama neraka yang ke tiga adalah neraka Saqarr. Penjelasan Neraka Saqar ada di salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya : “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka0? Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang – orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang – orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan.” (QS. Al-Mudatsir : 42-46).

Neraka Ladza
Nama neraka yang ke empat adalah neraka Ladza. Hampir sama seperti neraka Hawiyah, Neraka Ladza juga dipenuhi dengan api yang bergejolak, yang panasnya dapat mengelupaskan kulit kepala manusia. Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka berpaling dari agama dan suka mengumpukan harta benda untuk disimpan.

Neraka Huthamah
Nama neraka yang ke lima adalah neraka Huthamah. Dalam Surah Al-Humazah ayat 5 – 7 yang artinya “Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati.”

Neraka Sa’ir
Nama neraka yang ke enam adalah Neraka Sa’ir.  Penjelasan mengenai neraka Sa’ir ada di dalam Surah An-Nisa ayat 10 yang artinya : “Sesungguhnya orang – orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh pernutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala – nyala (neraka). (An-Nisa : 10).

Neraka Jahannam
Nama neraka yang ke tujuh adalah Neraka Jahannam. Penjelasan mengenai neraka Jahannam ada di dalam Surah Al-Hijr ayat 43 yang artinya “ Dan Sesungguhnya Jahannam itu benar – benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut – pengikut Syaitan) semuanya (Al-Hijr :43).
Nah, itulah 7 nama neraka yang akan ditemui umat Manusia di akhirat nanti. Semoga dengan mengetahui informasi ini, kita dapat lebih mawas diri lagi dalam menjalani kehidupan kita di dunia sehingga dapat terhindar dari siksa 7 neraka yang ada di atas. Aamiin ya Rabb..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya

0 komentar:

Post a Comment