Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

Monday 18 April 2016

Beberapa Nama Surga dan Kriteria Orang yang akan Menempatinya

Nama Surga – Surga merupakan tempat kembali yang dijanjikan oleh Allah di akhirat kelak bagi orang – orang yang mau meluangkan waktunya di dunia untuk mengerjakan amalan perbuatan yang shaleh. Hal ini diterangkan oleh Allah SWT dalam salah satu firmannya yang artinya : “(Apakah) perumpamaan (penghuni) Jannah yang dijanjikan kepada orang – orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai – sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai – sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai – sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai – sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah – buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (QS : Muhammad Ayat : 15).

Beberapa Nama Surga dan Kriteria Orang yang akan Menempatinya

Surga Firdaus
Nama Surga yang pertama adalah Surga Firdaus. Surga Firdaus merupakan surga yang dijanjikan oleh Allah kepada orang – orang yang suka mengerjakan berbagai macam amal perbuatan yang sholeh. Hal ini diterangkan di dalam salah satu firman Allah yang artinya : “Sesungguhnya orang – orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi Ayat : 107).

Surga ‘Adn
Nama Surga yang ke dua adalah Surga ‘Adn. Surga ‘Adn merupakan surga yang sengaja diperuntukkan kepada orang – orang yang teguh dalam memenuhi segala janji yang ia ucapkan kepada Allah dengan sebaik – baiknya pemenuhan. Hal ini seperti apa yang dijelaskan Allah dalam salah satu firmannya yang artinya : “(yaitu) orang – orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian; dan orang – orang yang menghubungkan apa – apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.” (QS. Ar-Ra’d Ayat : 20 - 21).

Surga Darussalam
Nama Surga yang ke tiga adalah Surga Darussalam. Surga Darussalam merupakan surga yang dijanjikan oleh Allah untuk umatnya yang dapat mengambil pelajaran dari apa – apa yang telah diperingatkan Allah kepada manusia. Penjelasan mengenai surga ini disampaikan oleh Allah dalam salah satu firmannya yang artinya : “Dan inilah jalan Tuhanmu : (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat – ayat (kami) kepaa orang – orang yang mengambil pelajaran; bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal – amal saleh yang selalu mereka kerjakan. (QS. Al-An’am Ayat : 127).

Surga Darul Muqamah
Nama Surga yang ke empat adalah Surga Darul Muqamah. Surga Darul Muqamah merupakan surga yang sengaja disediakan Allah untuk umat-Nya yang pandai bersyukur. Penjelasan mengenai Surga ini ada di dalam surah Faathir ayat 34 – 35 yang artinya : “Dan mereka berkata: Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar – benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri; yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu (QS: Faathhir Ayat 34 – 35).

Beberapa Nama Surga dan Kriteria Orang yang akan Menempatinya
Gambaran Surga
Iutlah 4 nama Surga yang nanti mungkin akan kita temui di akhirat. Semoga dengan mengetahui informasi ini, kita dapat meningkatkan keimanan kita menjadi lebih baik lagi sehingga kita bisa memenuhi kriteria orang – orang yang dapat memasuki 4 surga di atas. Aamiin ya Rabb..
Baca juga kisah berikut ini: Masuk Surga Karena Berbakti Kepada Suami

Jangan lupa nantikan update selanjutnya untuk menyimak gambaran keindahan surga-surga yang lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Nama Surga dan Kriteria Orang yang akan Menempatinya

0 komentar:

Post a Comment