Berita Dunia Islami Masa Kini Update Selalu

Monday 20 March 2017

Ingin Menjadi Pedagang yang Sukses? Ikuti Tips Sukses Berdagang Ala Rasulullah ini!

Dalam beberapa macam riwayat, disebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW merupakan salah seorang pedagang kaya raya yang sangat terkenal di seantero negara Jazirah Arab. Konon, berkat kemampuannya dalam menjajakan barang dagangannya, Nabi Muhammad SAW telah berhasil mengumpulkan harta kekayaan yang tidak ternilai harganya. Bahkan, berkat kemampuannya yang sangat luar biasa ini, Nabi Muhammad SAW sampai dipersunting oleh istri pertamanya yaitu Khadijah RA yang notabene merupakan salah seorang saudagar kaya.

Tips Dagang Ala Rasulullah SAW
Tips Dagang Ala Rasulullah SAW

Berbicara mengenai kesuksesan dagang, Nabi Muhammad SAW memiliki beberapa resep sukses berdagang yang benar – benar ampuh dan telah terbukti. Apa saja kah resep sukes berdagang ala Rasulullah SAW tersebut? Simak ringkasan di bawah ini untuk mengetahuinya:

Niatkan Usaha Anda sebagai Ladang Untuk Mencari Pahala
Resep berdagang ala Rasulullah SAW yang pertama adalah dengan meniatkan setiap usaha dagang yang dilakukan sebagai media untuk mencari pahala kepada Allah SWT. Seperti yang kita ketahui bersama, Allah selalu menghimbau hamba – hambanya untuk terus berusaha sembari berdoa kepada-Nya. Ketika sesuatu hal dilakukan dengan niat awal sebagai ibadah kepada Allah, maka Allah akan melapangkan jalan usaha kita dengan selapang – lapangnya. Tidak hanya itu, disamping kelapangan tersebut, Allah juga menjanjikan pahala yang sangat besar untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh umat-Nya yang dilandasi atas niatan untuk terus mendekatkan diri kepada-Nya.

Tanamkan dan Gunakan Prinsip Kejujuran di Setiap Aktivitas Usaha Anda
Resep berdagang ala Rasulullah SAW yang ke dua adalah dengan menanamkan dan terus menggunakan prinsip kejujuran di setiap aktivitas perdagangan yang ia lakukan. Bahkan sangking jujurnya Rasulullah Muhammad SAW dalam berdangan, beliau telah berhasil mendapatkan gelar AL-Amin yang artinya dapat dipercaya dari para kolega – kolega dan juga pelanggan yang pernah melakukan transaksi perdagangan dengannya.

Seperti yang kita ketahui, setiap orang pasti tidak ingin ditipu. Dan ketika mereka merasa tertipu dengan aktivitas dagang yang mereka lakukan bersama kita, mereka tentunya akan sangat kecewa dan tidak akan menjalin kerja sama yang sama dengan kita untuk ke dua kalinya. Hal ini berbeda dengan ketika seseorang merasa puas karena kejujuran yang kita berikan di setiap aktivitas perdagangan yang kita lakukan. Ketika klien kita merasa puas, mereka akan kembali menggunakan jasa kita di lain kesempatan.

Penuhi Janji yang Telah Anda Berikan kepada Pelanggan Anda
Resep berdagang ala Rasulullah SAW yang terakhir adalah dengan memenuhi janji yang telah diberikan kepada para pelanggan. Dalam beragang, Rasulullah SAW selalu menyampaikan kondisi barang yang sebenarnya. Rasulullah SAW tidak pernah menyampaikan atau pun menjanjikan berbagai macam hal yang berbau dusta di setiap aktivitas perdagangan yang ia lakukan. Hasilnya, para konsumen Nabi Muhammad SAW pun menjadi merasa puas dengan setiap transaksi yang mereka lakukan dengannya. Bahkan, di lain kesempatan, mereka terus membeli barang dagangan Nabi Muhammad ketika mereka sedang membutuhkannya.

Itulah beberapa tips sukses berdagang ala Rasulullah SAW. Perlu diketahui, dalam beberapa riwayat disebutkan jika 9 dari 10 pintu rezeki ada di perniagaan / perdangan. Oleh karena itu, berlomba – lombalah untuk mendirikan usaha dagang yang baik dan jujur. Carilah harta yang sebanyak – banyaknya seakan Anda akan hidup 1000 tahun lagi, namun selalu niatkan harta Anda untuk amalan – amalan yang bermanfaat untuk banyak orang dan beribadahlah sebanyak – banyaknya seakan Anda akan mati esok hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Menjadi Pedagang yang Sukses? Ikuti Tips Sukses Berdagang Ala Rasulullah ini!

0 komentar:

Post a Comment